article-image

Sumber Gambar: Natalia Likovskaya from Getty Images Pro

Baca Juga

Tidak terasa sebentar lagi kita akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Pastinya banyak hal yang perlu disiapkan Sobat Tania, tidak terkecuali buah dan sayur yang akan dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Memilih sayuran dan buah yang tepat dapat menunjang aktivitas di bulan puasa. Berikut adalah beberapa sayuran dan buah yang dapat dikonsumsi saat bulan puasa:

1. Kurma

Kurma adalah buah yang berasal dari Timur Tengah yang kaya akan kandungan gula dan kalori yang dapat mengembalikan energi saat berpuasa. Konsumi kurma disarankan saat berbuka puasa untuk membantu mengembalikan gula darah yang rendah saat berpuasa.

2. Pakcoy

Pakcoy adalah salah satu sayuran daun yang baik dikonsumsi saat puasa. Pakcoy memiliki kandungan selenium tinggi yang dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri atau virus. Pakcoy juga kaya akan kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah sakit saat berpuasa.

3. Tomat

Tomat adalah salah satu sayuran buah yang kaya akan nutrisi. Tomat mengandung lycopene, vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalium dan fosfat yang baik untuk menjaga sistem imun tubuh. Konsumsi tomat saat bulan puasa juga penting karena tomat memiliki kandungan air tinggi untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.

4. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau lain yang baik dikonsumsi saat puasa. Bayam memiliki kandungan vitamin C, antioksidan dan beta karoten yang berfungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Wortel

Wortel adalah sayuran yang mengandung vitamin A dan betakaroten yang penting untuk daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Wortel dapat dimakan secara segar sebagai campuran salad, lalapan, maupun jus buah segar. Selain dimasak tumis atau sop, wortel juga dapat diolah menjadi kue.

6. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang tidak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi saat puasa. Buah ini kaya akan vitamin C dan kandungan air yang akan menjaga tubuh dari dehidrasi. Buah ini dapat diolah menjadi jus buah, salad buah, maupun smoothie.

7. Cabai dan Paprika Merah

Cabai dan paprika merah juga merupakan sayuran yang baik untuk kekebalan tubuh. Sayuran dengan rasa pedas ini kaya akan kandungan vitamin C. Namun, apabila memiliki riwayat penyakit maag, disarankan untuk tidak mengonsumsi paprika atau cabai karena akan membuat lambung perih. Paprika dan cabai dapat dijadikan campuran dalam tumis untuk makanan saat sahur atau buka puasa. Nah, ftar sayuran diatas adalah beberapa jenis sayuran dan buah yang cocok dikonsumsi saat berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa Sobat Tania. Ingat selalu untuk menjaga kesehatan ya.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi